Manfaat TOGA Dinikmati 100 Persen Penduduk Desa Ini

Manfaat TOGA Dinikmati 100 Persen Penduduk Desa Ini

5
0
SHARE
Ilustrasi/Ist.

SHNet, JAKARTA – Desa Ngrayudan hanya berjaraknya 45 menit dari kota Ngawi dan kini telah menjadi salah satu daya tarik wisata di Jawa Timur. Bukan hanya karena pemandangannya yang indah dan udara yang sejuk penyebabnya, tapi juga karena keasrian desa yang dijuluki desa TOGA ini.

TOGA alias tanaman obat-obatan merupakan hasil kerja keras masyarakat desa Ngrayudan dibantu tim PKK serta pemerintah desa. TOGA ini dikembangkan di pekarangan rumah sebagian besar warga.

Memasuki desa ini, tidak hanya pemandangan indah dengan hamparan rumput yang tumbuh menghijau yang menyambut kita. Berbagai macam tanaman hias serta TOGA yang sengaja ditanam dipekarangan penduduk menjadi pemuas mata kita.

Dengan kesuburan tanahnya, sangat mudah mengelola tanaman-tanaman produksi atau lainnya yang cocok tumbuh di desa Ngrayudan yang memang berada di daerah dingin.

Beberapa jenis tanaman obat yang dikembangkan diantaranya adalah kunir, jahe, kunci, temulawak, temugiring, temu ireng, dan lain-lain.

Manfaat TOGA ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat untuk pengobatan secara cepat dan sederhana.

Dari beberapa program dan inovasi terkait pengembangan budidaya TOGA yang dilakukan di Desa Ngrayudan, telah tampak hasilnya antara lain, jumlah KK yang memanfaatkan halaman pekarangan untuk TOGA yaitu sebanyak 1.649 KK (100 %) dan jumlah KK yang memanfaatkan hasil TOGA untuk kesehatan keluarga sebanyak 1.649 KK (100 %).

Sementara itu, jumlah KK yang memanfaatkan hasil TOGA sebagai industri rumah tangga 193 KK (11,70 %), jumlah Industri rumah tangga yang mendapatkan ijin dari Dinas Kesehatan sebanyak 193 industri rumah tangga (100 %), dan jumlah Kelompok masyarakat yang bermitra dengan Pabrik jamu sebanyak 4 kelompok.

Untuk para wisatawan, jangan khawatir mengalami kesulitan untuk berkunjung. Ada paket wisata untuk berkunjung ke sana.

Dikutip dari website pkk.ngawikab.go.id, tim Penggerak PKK desa Ngrayudan bekerjasama dengan Pemerintah Desa membuat paket wisata TOGA dimana pengunjung akan diajak untuk mengenal TOGA sekaligus menikmati kekayaan dan keindahan alam desa Ngrayudan.

Paket wisata ini dimulai dengan mengunjungi Kebun TOGA untuk mengenalkan TOGA lebih dekat kepada pengunjung mulai dari jenis sampai dengan cara budidayanya.

Selanjutnya pengunjung akan diajak mempelajari teori-teori pengolahan TOGA di Sekolah TOGA sehingga dapat dimanfaatkan menjadi obat, dilanjutkan dengan praktek pengolahannya.

Setelah dari Sekolah TOGA pengunjung akan diajak ke kolam renang dan bumi perkemahan Selondo untuk menikmati minuman dan makanan hasil olahan TOGA sambil merasakan keindahan dan keramahan alam Ngrayudan. (Berbagai sumber/DM)