Indonesia Bakal Miliki Nation Branding

Indonesia Bakal Miliki Nation Branding

Indonesia bakal memiliki nation branding. (Ist)

SHNet, Jakarta- Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Indonesia tidak lama lagi akan memiliki nation branding.

Nation branding sedang kita susun, Kelak kita akan keluar dengan satu nation branding. Rencananya, nation branding Indonesia ini akan diluncurkan pada Agustus 2018 bertepatan dengan ASIAN GAMES,” ujarnya usai melaunching Hari Belanja Diskon Indonesia dan Happy Birthday Indonesia Festival 2017, di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Rabu (17/5).

Menpar menjelaskan, nation branding merupakan persepsi orang terhadap suatu negara. Branding itu juga merupakan bagian dari marketing. Menurutya, produk Indonesia tidak punya brand yang kuat untuk nation branding..

Khusus untuk pariwisata, kita telah memiliki Wonderful Indonesia. Saat ini Indonesia menempati peringkat 40 di dunia untuk pariwisata. “Dengan adanya nation branding, kita dapat maju bersama untuk go global,” kata Arief Yahya.

Ia memberikan contoh, memajukan restoran Indonesia di luar negeri, maka ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, membangun restoran baru dan kedua, membangun branding yang sudah ada.

“Thailand, kulinernya melompat dengan tajam karena pemerintah mereka terlibat di dalamnya.. Indonesia belum karena belum maju bersama,” tuturnya. Ia mengatakan, beberapa negara seperti Mexico dan UK sudah memiliki nation branding. (Stevani Elisabeth)