Di Kecamatan Ini Hanya 1 Desa Tanpa Website

Di Kecamatan Ini Hanya 1 Desa Tanpa Website

(Ist)

SHNet, JAKARTA – Berbicara tentang sistem informasi, ternyata teknologi ini sudah masuk ke desa-desa. Bukan sekadar masuk lewat ponsel-ponsel pintar penduduk desa melainkan ke sistem pemerintahannya.

Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, sudah menerapkan sistem informasi berbasiskan internet di desa-desanya. Bahkan, dari 10 desa, hanya 1 desa yang belum menerapkannya.

Berdasarkan laporan dari website resmi pemerintahan Desa Hanura, desa yang belum memiliki website sendiri adalah desa Gebang. Camat Teluk Pandan, M. Yuliardi, S.STP mengatakan, apabila desa tidak mau memiliki website sendiri, artinya desa itu tidak mau maju.

Sementara itu, dalam seminar tentang Teknologi Informasi yang diadakan 21 April 2017, di Aula Sanggar Mangliawan Desa Hanura, Teluk Pandan, Pesawaran, Liz Zenny Merry dari Badan Ekonomi Kreatif (B-Kraf) Pusat menjelaskan, jika telah memiliki website sendiri, setiap desa sudah pasti dapat mempromosikan daerahnya.

Menurutnya dengan kecanggihan IT semua informasi baik dari pusat hingga ke tingkatan paling bawah bisa ditelusuri.

Program setiap desa harus memiliki website sendiri adalah program Bupati Pesawaran, H. Dendi Ramadhona K, ST dan Wakilnya Eriawan, SH tentang keterbukaan informasi untuk publik di Pesawaran. Ternyata, dari 148 desa di kabupaten ini, baru sekitar 37 desa yang memiliki website.

Sementara itu, Karyadi dari Dinas Kominfo Pesawaran mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat rumah kecil Tekonogi Informasi.

“Bila nanti kawan-kawan kepala desa akan menanyakan informasi di dinas tertentu dan tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Buka website kami, Insya Allah akan kami jawab sampai kawan-kawan tahu dan mengerti,” ucapnya. (DM)