Chatting Dengan Bang Joni, Nggak Pake Ribet

Peluncuran Bang Joni oleh PT Jualan Online Indonesia, siap melayani kebutuhan generasi muda. (Ist)

SHNet, Jakarta– PT Jualan Online Indonesia menciptakan Bang Joni, chatbot yang siap menjadi teman ngobrol yang interaktif dan informatif sekaligus melayani ragam kebutuhan generasi muda.

Dikembangkan 100% oleh talenta lokal, Bang Joni memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence dalam bentuk text yang saat ini tengah booming di industri IT.

Teknologi Artificial Intelligence hadir untuk memudahkan kehidupan manusia menggunakan data analytics yang akhirnya mampu memberikan informasi dengan cepat serta melakukan berbagai prediksi untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan sehari-hari penggunanya.

Diatce Harahap (Ache) selaku CEO Bang Joni mengungkapkan, “Sesuai dengan taglinenya, fitur dan layanan Bang Joni mencerminkan definisi yang real dari Artificial intelligence itu sendiri, yaitu ‘Pesennya Cepet, Nggak Pake Ribet’.

Dengan menawarkan kenyamanan berkomunikasi yang lebih interaktif dan efisien dibandingkan email, SMS atau panggilan suara, pengguna dapat berinteraksi dengan Bang Joni melalui percakapan sederhana yang direspon dengan cepat, personal dan akurat layaknya manusia.”

“Tak hanya itu, kami mengembangkan Bang Joni untuk memberikan fungsi lebih jauh dari sekadar chatting. Bekerjasama dengan sederetan merchant terkemuka, Bang Joni sebagai pionir di industri chatbot komersil di Indonesia adalah teman yang dapat membantu memenuhi berbagai kebutuhan generasi muda dengan cara yang familiar dengan keseharian mereka, yaitu melalui chatting,” lanjut Ache.

Kebutuhan yang dapat dilayani melalui ‘obrolan’ dengan Bang Joni semuanya sangat dekat dengan keseharian generasi muda, antara lain: pemesanan jasa transportasi, pemesanan berbagai kebutuhan traveling (tiket pesawat, hotel dan lain-lain), rekomendasi kuliner favorit, informasi realtime (prakiraan cuaca, info lalu lintas), transaksi online (pembelian pulsa atau token listrik), reminder, layanan penerjemah dan lainnya – seluruhnya tersedia gratis tanpa hidden cost.

Dari sekian banyak layanan yang tersedia, saat ini salah satu yang paling digemari di Bang Joni adalah pembelian tiket pesawat. Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager Skyscanner mengungkapkan, “Melalui kerjasama dengan Bang Joni, kami menghadirkan pengalaman baru bagi masyarakat Indonesia dalam mencari tiket pesawat dengan harga terbaik yaitu melalui format chatting. Pengguna tinggal memilih tujuan destinasi dan Bang Joni akan langsung memberikan hasil pencarian melalui Skyscanner berupa pilihan tiket dari berbagai maskapai sekaligus.”

Keunikan Bang Joni terletak pada kemampuan analitiknya yang tinggi dan terus berkembang. Artinya, Bang Joni dapat mengantisipasi kebutuhan pengguna bahkan sebelum pertanyaan atau permintaan diberikan melalui chat. Sebagai contoh, Bang Joni dapat mengingatkan pengguna untuk mengisi pulsa, memberikan prakiraan cuaca atau info lalu lintas, memberikan alert untuk acara-acara penting, dan lainnya.

Untuk memberikan kemudahan ini ke sebanyak mungkin pengguna, Bang Joni menjalin kontrak eksklusif dengan aplikasi LINE messenger yang telah memiliki 90 juta pengguna di seluruh Indonesia. Melalui kerjasama ini, Bang Joni menjadi mitra LINE dalam melahirkan tren baru penyediaan informasi dan transaksi melalui chatbot.

Dengan suntikan dana dari investor lokal sebesar USD2 juta, di awal tahun 2017 ini Bang Joni telah di-upgrade ke versi Kelas Dua dengan berbagai peningkatan seperti tampilan yang lebih menarik, chatting yang makin seru dan responsif, jumlah merchant yang lebih beragam, serta kehadiran dompet virtual BJ Pay. Upgrade ini dilakukan untuk terus meningkatkan kepuasan ‘teman’ Bang Joni yang sampai saat ini sudah mencapai hampir 400 ribu orang dengan total transaksi sebanyak 37.224 per April 2017.

“Kami percaya bahwa chatbot akan segera menjadi sebuah megatrend yang memiliki pengaruh luas dalam kehidupan masyarakat. Bahkan, pasar corporate sudah mulai melirik teknologi ini karena sumber daya yang lebih efisien, formatnya yang interaktif, kecerdasaannya, serta kemampuannya untuk memberikan layanan secara personal, sesuai dengan kebutuhan dan fungsi yang spesifik. Untuk Bang Joni sendiri, ke depannya kami akan menjalin lebih banyak kerjasama dengan merchant lainnya dan menghadirkan fitur interkoneksi layanan antar merchant,” tutup Ache. (Stevani Elisabeth)