Apollo 10 Diluncurkan

Apollo 10 Diluncurkan

Persiapan Terakhir Untuk Pendaratan manusia Di Bulan

Jakarta, 19 Mei 1969 – Pada hari Minggu kemarin jam 12:49 waktu AS atau jam 23:49 WIB pesawat angkasa luar AS “Apollo 10” telah diluncurkan dari Cape Kennedy untuk melakukan penerbangan menuju bulan. Pesawat ini yang membawa 3 astronot berpengalaman yaitu Thomas P Stafford (38 tahun) sebagai komandan John W Young (38 tahun) sebagai pilot Command Module (pesawat induk) dan Eugene A Cernan (34 tahun) sebagi pilot dari Lunar Module (pesawat pendarat) akan mengadakan perjalanan pulang pergi selama 8 hari,dan merupakan suatu usaha terbesar dan termodern didalam angkasa sampai saat ini.

Penerbangan Apollo ini adalah pula merupakan persiapan penting yang terakhir bagi penerbangan angkasa sesudahnya, yaitu penerbangan Apollo 11 yang akan mendarat di bulan dan yang menurut rencana akan diluncurkan pada tanggal 15 Juli.

Apollo 10 diluncurkan kemarin oleh roket Saturnus 5, sebuah roket yang terkuat di dunia yang mempunyai kekuatan pendorong permulaan sebesar 3.375 juta Kg.0051

Dalam perjalanannya ke bulan Apollo 10 telah memasuki orbit dan mengitari bumi selama kurang lebih dua setengah jam. Menurut siaran VOA Senin pagi ini, Apollo 10 telah mengirimkan gambar televisi bergambar ke bumi. Menurut para astronot di stasiun pengamat AS, gambar televisi tersebut kelihatan sangat jelas.

Apollo 10 menurut rencana akan memasuki orbit bulan pada hari Rabu ini dan akan tiba kembali di bumi pada hari Senin tanggal 26 Mei.

Yang akan menjadi puncak penerbangan Apollo 10 akan terjadi pada waktu dua orang diantara ketiga astronotnya dengan pesawat pendarat turun sejauh 15 Km diatas permukaan bulan.

Pada waktu berada pada titik yang terendah, astronot tersebut akan berada didekat salah satu tempat pendaratan dipermukaan bulan dan mereka akan mengambil gambar dan film permukaan bulan seperti yang mereka lihat dari jarak dekat yang belum pernah terjadi selama ini. (SH)