Jelang Ramadhan, Bulog Siapkan 1.300 Ton Gula

Ilustrasi Gula Pasir

SHNet, KUPANG-Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Bulog Devisi Regional (Divre) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan 1.300 ton gula pasir untuk menjaga keseimbangan harga. Bulog juga membuka 210 Rumah Pangan Kita (RPK) yang menjual gula jauh di bawah harga di pasar yakni Rp12.500 per kilogram.

Pelaksana Tugas (Plt) Bulog Divre NTT Barnabas Pau Gie mengatakan pihkanya juga membuka outlet yang tersebar di sejumlah titik di Kota Kupang. Outlet tersebut menjual gula, beras, dan minyak goreng yang dipasok oleh Bulog. Bulog memiliki 1.124 ton beras premium yang dijual seharga Rp9.000 per kilogram.

“Bulog tidak hanya menjaga stabilitas harga, tetapi juga menjamin bahan kebutuhan pokok tersedia dan dalam jumlah yang cukup. Setiap hari RKP dan outlet tempat penjualan gula, beras, minyak goreng, dan telur didatangi ratusan warga yang berbelanja bahan kebutuhan pokok dengan harga murah,” katanya di Kupang, Kamis (18/5).

Selain itu, Kepala Seksi Pengembangan Bisnis, Bulog Divre NTT Pier Salosa mengajak warga untuk berbelanja ke outlet dan RPK milik Bulog, di antaranya di depan Kantor Bulog Divre NTT Jalan Palapa Kota Kupang. Harga bahan kebutuhan pokok di lokasi tersebut lebih murah jika dibandingkan harga yang berlaku di pasar.

Dia menyampaikan, Bulog juga mendatangkan puluhan ton bawang merah dan bawang putih dari daerah lain untuk berjaga-jaga mengantisipasi penaikan harga bawang. Dipastikan stok beras, gula, dan minyak goreng di Bulog cukup untuk menjaga stabilitas harga. “Kebijakan lain ialah mempercepat penyaluran beras sejahtera (Rastra). Jika beras ranstra sudah diterima warga, permintaan beras di pasar akan berkurang,” kata Salosa.(Dis Amalo)