Syiar Budaya Joang45

Syiar Budaya Joang45

ilustrasi / ist

SHNet – Berpangkal *Politik Kemerdekaan Proklamasi Indonesia 17845‎, March 15, 2017*, sebagaimana terjabarkan pada

Politik Kemerdekaan Proklamasi Indonesia 17845

maka perlu penyadaran ‎keunggulan2 Indonesia seperti :

1. *+/- 17.504 Pulau: Negara Kepulauan Terbesar di Dunia*

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni)_.
Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar di dunia, yaitu: _*Kalimantan*_ _(pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km²)_, _*Sumatera*_ _(473.606 km²)_ dan _*Papua*_ _(421.981 km²)_.

2. *740 Suku Bangsa: Suku Bangsa Terbanyak di Dunia.*

Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis di negeri ini, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Tiap suku itu memiliki corak budaya masing-masing yang itu juga merupakan kekayaan budaya tersendiri masing-masingnya.

3. *721 Bahasa Daerah: Bahasa Daerah Terbanyak di Dunia*

Indonesia memiliki lebih dari 721 bahasa daerah. Di antara ratusan bahasa daerah tersebut, yang paling banyak sebarannya adalah di Papua dan Kalimantan.
Sedangkan yang paling sedikit adalah di Pulau Jawa.

Menurut jumlah penuturnya, bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Indonesia berturut-turut adalah:
Jawa (80 juta penutur), Melayu-Indonesia, Sunda, Madura, Batak, Minangkabau, Bugis, Aceh, Bali, dan Banjar.

4. *+ 5.849 Motif Batik: Warisan Pusaka Dunia dari Indonesia*

Batik telah menjadi warisan pusaka dunia dari Indonesia. Adalah Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya yang melakukan pendataan budaya selama 9 tahun terakhir.
Pendataan ini dilakukan melalui situs www.budaya-indonesia-org, dan hasilnya terdokumentasikan sedikitnya ada 5.849 motif batik.

Batik ini sangat beragam. Tidak hanya berkembang di Pulau Jawa saja, tetapi juga Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua.
Sebanyak 5.849 motif batik itu bisa Anda lihat di aplikasi Map of Batik atau Peta Batik Indonesia.

5. *Komodo: Binatang Purba yang Hanya Ada di Indonesia*

Komodo kini dilindungi di bawah peraturan Pemerintah Indonesia di Taman Nasional Komodo. Hewan ini hanya ada di Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Habitat asli Komodo hanya bisa ditemukan di kepulauan Indonesia ini dan tidak ada di belahan dunia lain. Taman nasional Komodo sejak dua puluh tahun lalu telah ditetapkan oleh UNESCO World Heritage Committee masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia (The World Heritage Sites).

6. _*Raflesia Arnoldi: Bunga Terbesar di Dunia ini Milik di Indonesia.*_

Nama lainnya adalah “Padma Raksasa”.
Ini adalah bunga terbesar di dunia. Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan.
Sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai _The Land of Rafflesia_ atau _Bumi Rafflesia_.
Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali.

Dr. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin olehThomas Stamford Raffles. Jadi, penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

Berbekal *Politik Kemerdekaan Proklamasi Indonesia 17845* itulah mari kita pelihara dan kawal *Keunggulan Indonesia* termasuk menjaga *Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia* dari tindakan2 melawan hukum pihak2 Kontra Ketahanan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta Selatan, 19 Mei 2017

Badan Pembudayaan Kejoangan45,
Pandji R Hadinoto
Ketua DHC45 Jakarta Selatan
www‎.jakarta45.wordpress.com
PosKo45 GOR Bulungan, Kebayoran Baru