Kemenpar Dukung Pameran Adiwastra Nusantara 2017

Kemenpar Dukung Pameran Adiwastra Nusantara 2017

Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan pameran Adiwastra Nusantara 2017, di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-9 April 2017. (Ist)

SHNet, Jakarta–Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (DBP3N) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberikan dukungan penyelenggaraan Pameran Adiwastra Nusantara 2017 yang akan berlangsung di Hall A dan B Jakarta Convention Center pada 5-9April 2017.

Penyelenggaraan pameran karya kreasi mutakhir para UKM dan perajin wastra adati Nusantara dengan mengangkat tema “Wastra Adati Nusantara, Warisan Budaya Tak Lekang Zaman–Traditional Textiles of the Archipelago, a Timeless Cultural Heritage” kali ini sebagai upaya mempromosikan aneka ragam produk kain unggulan warisan budaya Indonesia sebagai bagian dari Pesona Indonesia.

Deputi BP3N Kemenpar Esthy Reko Astuti mengapresiasi penyelenggaran Pameran Adiwastra Nusantara ke-10 yang selalu diminati wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) ingin berburu kain dan fesyen desain terbaru dengan pilihan lengkap dan bermutu tinggi. “Kegiatan pameran ini merupakan salah satu daya tarik pariwisata yang tahun ini mentargetkan kedata ngan 15 juta wisman dan 265 juta pergerakan wisnus di Tanah Air,” kata Esthy Reko Astuti dalam jumpa pers Pameran Adiwastra Nusantara 2017 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Senin (3/4).

Ia menjelaskan, event pameran Adiwastra Nusantara 2017 dinanti masyarakat konsumen khususnya para pencinta dan pengguna kain adati yang semakin mendapat tempat istimewa di hati masyarakat termasuk generasi muda, .“Banyak perancang fashion menggunakan bahan wastra adati untuk rancangan baik “ready to wear” maupun “houte couture”. Kain-kain khas Indonesia seperti batik, ikat, songket mulai dikenal dan digemari di mancanegara,” kata Esthy Reko Astuti.

Pameran Adiwastra Nusantara 2017 diikuti sekitar 400 peserta pameran (stand). Dalam lima hari pameran tersebut, juga digelar berbagai acara menarik antara lain; Pameran Kain Unggulan Nusantara dan Pengembangannya ke Masa Kini; Kompetisi Kain Besurek; Peluncuran Buku “Batik Betawi” karya Hartono Sumarsono; Pagelaran Bali Menari untuk Adiwastra Nusantara menampilkan “Pacitran Saraswati” dengan maestro penari Bulantriusna Djelantik dkk; serta kuliner khas dari berbagai daerah di Tanah Air. (Stevani Elisabeth)