Mensos Resmikan Desa Jabung Jadi Desa Sejahtera Mandiri

Mensos Resmikan Desa Jabung Jadi Desa Sejahtera Mandiri

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan untuk pengembangan sanggar seni topeng di Desa Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (12/3). (Dok. Humas Kemensos)

SHNet, Malang- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan rasa bangga atas pencapaian Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang kini resmi menjadi Desa Sejahtera Mandiri Berbasis Seni dan Ekonomi Kreatif.

“Saya bangga melihat gotong royong dan kesetiakawanan sosial yang tinggi telah mewujudkan Desa Jabung menjadi desa yang mandiri. Kemensos dalam program ini sesungguhnya hanya memberikan dana stimulan , namun semangat untuk membangun sungguh luar biasa,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam pidato peresmian Desa Jabung sebagai Desa Sejahtera Mandiri, Minggu (12/3).

Mensos mengapresiasi kerja sama Kemensos bersama Universitas Islam Malang (Unisma) dan Pemkab Malang dalam upaya melakukan renovasi rumah tidak layak huni, pemenuhan akte kelahiran, pembinaan kelompok usaha, sanggar kesenian, taman bacaan, layanan lanjut usia dan perbaikan sarana lingkungan.

“Ini sungguh merupakan kerja sama yang sangat baik dan patut ditiru di daerah lain dimana peran pemda, universitas melalui KKN mahasiswa dan alumni, serta keterlibatan berbagai pihak telah mengantarkan 3.764 Kepala Keluarga di Desa Jabung ini semakin berdaya dan produktif,” tutur Mensos bersemangat.

Desa Sejahtera Mandiri merupakan program Kementerian Sosial yang berfokus pada upaya mencari solusi atas Masalah Kesejahteraan Sosial di suatu desa seperti fakir miskin, penyandang disabilitas, anak terlantar, lansia terlantar, pekerja migran bermasalah, narkoba, dan sebagainya. Kondisi tersebut diatasi dengan program pemberdayaan sosial yang diarahkan untuk mendorong warga mampu mandiri dan memenuhi kebutuhan dasarnya sehingga kualitas hidup meningkat.

Pada tahun 2015, Desa Jabung mendapatkan pencanangan Desa Mandiri Sejahtera melalui Pelaksanaan Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Kemensos memberikan bantuan stimulan Rutilahu Sebesar Rp10 juta untuk setiap kepala keluarga. Total dana yang digelontorkan untuk lima desa di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang adalah Rp1,5 miliar untuk lima desa yakni Jabung, Argosari, Sidorejo, Slamparejo, dan Kemiri. Mensos juga memberikan bantuan sanggar seni topeng, bantuan 100 perlengkapan sekolah serta akte kelahiran dan
100 paket sembako untuk lansia.

“Kini kami persembahkan Desa Jabung Sejahtera Mandiri kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk dikembangkan dan dikuatkan melalui program-program pemberdayaan,” kata Khofifah.

Sementara, Bupati Kabupaten Malang Rendra Kresna mengatakan program baru Kemensos RI sangat membantu pembangunan sosial Kabupaten Malang.

“Program ini memiliki dampak yang luar biasa untuk memperbaiki perekonomian warga. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kemensos khususnya Ibu Khofifah yang sangat peduli pada warga desa dan pembangunan desa di Kabupaten Malang,” katanya. (Stevani Elisabeth)