Dilarang Melintasi Indonesia, Netanyahu Terbang 11 Jam Singapura-Sydney

Dilarang Melintasi Indonesia, Netanyahu Terbang 11 Jam Singapura-Sydney

Rute yang diambil Netanyahu saat mengunjungi Sydney, Australia dari Singapura. (Ist)

SHNet, SINGAPURA – Bagi kebanyakan orang, terbang dari Singapura ke Sydney, Australia, hanya memakan waktu sekitar 7 jam. Namun tidak bagi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menghabiskan waktu lebih dari 11 jam.

Pemimpin Israel itu mengambil jalur yang tidak bisa untuk menuju Sydney dari Singapura. Namun jalur itu bukanlah pilihannya melainkan terpaksa untuk menghindari kawasan udara Indonesia.

El Al, maskapai penerbangan nasional Israel, yang membawa Netanyahu dan rombongannya, memang dilarang melintas kawasan udara Indonesia.

Seperti negara mayoritas Muslim lainnya, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Israel karena berkonflik dengan Palestina.

Selain larangan melintasi kawasan udara, pemegang paspor Israel tidak diperbolehkan masuk ke negara mayoritas Muslim kecuali dalam hal-hal tertentu, meskipun orang-orang Israel diperbolehkan masuk ke Indonesia menggunakan visa turis.

Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang mengetatkan akses bagi Israel. Saat Netanyahu berangkat dari Tel Aviv ke Singapura pun harus dengan rute yang khusus, salah satunya harus menghindari kawasan udara Arab Saudi. (The Guardian)