Martin Yan Bagi Pengalaman di AFC

Martin Yan Bagi Pengalaman di AFC

Chef Martin kembali tampil berbagai pengalaman memasaknya di Asia Food Channel pada 2017. (photos by www.grantcorban.com)

SHNet, Jakarta- Nama Martin Yan sudah tidak asing lagi di kalangan para chef dan penggemar kuliner di Asia.

Dari tahun ke tahun, Chef Yan telah menjelajahi dan mengelilingi Asia, bertemu dengan berbagai koki profesional, koki rumahan, serta penduduk setempat dari berbagai lapisan masyarakat untuk mendapatkan inspirasi dari cerita maupun resep keluarga mereka.

Awal 2017, ia tampil kembali berbagi pengalamannya di Asian Food Channel (AFC). Serial televisi yang terdiri dari 8 episode ini menampilkan lebih dari 30 masakan yang dipengaruhi oleh pengalaman serta perjalanan Chef Yan selama 20 tahun ke negara-negara Asia, menonjolkan rasa khas dari 6 tempat: Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia dan Filipina.

“Saya telah memandu acara memasak selama lebih dari 35 tahun dan saya tidak pernah bosan. Saya adalah penggemar setia masakan Asia, dan misi hidup saya adalah untuk mengarahkan agar masakan Asia mudah disajikan. Saya bahagia karena acara ini mengizinkan saya untuk menunjukkan bagaimana satu bahan makanan pokok dapat diubah menjadi berbagai macam masakan!” ujar Martin Yan.

Hangatkan hati dan dapur Anda dengan resep-resep makanan rumahan dari Chef Yan, seperti Fish Head Noodle Soup, Good Fortune Prawns, dan Chicken Eggplant Green Curry. Dalam setiap episode, Chef Yan akan memilih sebuah bahan makanan pokok atau masakan tertentu sebagai tema, dan menyiapkan berbagai pilihan hidangan dengan menonjolkan cita rasa kuat dan metode memasak dari setiap tempat.

Saksikan kehadiran tamu spesial, mulai dari Datuk Fazley Yaakob hingga Chef Hoang Minh Nhat, yang akan berkolaborasi dengan Chef Yan dan membagikan bahan spesial maupun teknik mereka.

Januari 2017, dia akan menampilkan masakan kari. Kari dapat ditemukan dalam berbagai bentuk di seluruh Asia. Cita rasanya yang kuat menginspirasi Chef Yan untuk memilih hidangan klasik ini dalam sebuah episode.

Dari Indonesia, ia memasak kari kambing, yang menerima pengaruh dari perjalanannya ke Padang, Sumatera Barat. Dari Thailand, ia menggunakan raja dari seluruh bahan dasar kari, yaitu Green Curry Paste (Pasta Kari Hijau), yang merupakan bahan dasar dari seluruh kari Thailand.

Dengan penampilan spesial dari Chef Datuk Fazley Yaakob, mereka berkolaborasi bersama untuk memasak sebuah hidangan klasik Malaysia, yakni Coconut Beef Curry. Datuk Fazley membagikan wawasannya dan menambahkan sentuhan unik dengan menambahkan buah belimbing, membawa kembali kenangan indah saat neneknya sering memasak hidangan ini.

Episode ini akan menayangkan bagaimana Chef Yan merayakan kreativitas masakan Asia, Yan menyajikan hidangan-hidangan yang menginspirasinya untuk menjadi seorang chef yang lebih baik. Dari Indonesia, ia membuat Ayam Bakar Pedas (Spicy Grilled Chicken) yang awalnya direbus dahulu, lalu digoreng, dan diakhiri dengan dibakar.

Dilanjutkan dengan Grilled Fish in Banana Leaf yang terinspirasi dari perjalanannya ke Malaysia. Kehadiran tamu spesial dari seorang chef asal Vietnam, Chef Hoang Minh Nhat, mengajarkannya untuk membuat Shrimp Mousse on a Stick yang sempurna, disertai dengan garlic dipping sauce dan Rainbow Juice yang merupakan terinspirasi dari Vietnam. (Stevani Elisabeth)