Pungli Di Terminal 3 Bandara Soetta

Pungli Di Terminal 3 Bandara Soetta

SHNet, JAKARTA – Pemerintah sedang giat memberantas pungutan liar (pungli) yang selama ini terjadi di berbagai sektor. Namun, giat pemerintah tersebut belum didukung sepenuhnya oleh masyarakat.

Malah masyarakat lebih suka membiarkan pungli terjadi asal aturan boleh dilanggar kapan dan di mana saja. Hal tersebut seperti terlihat dalam video yang sempat direkam SHNet di Terminal 3 Ultimate, Bandar Udara  (Bandara) Soekarno-Hatta (Seotta), Cengkareng, Banten tanggal 28 Oktober 2016 lalu.

Seorang penggendara mobil pribadi berhenti dan menaikan penumpang bukan pada tempatnya. Bukannya melarang pengendara mobil bersangkutan, satuan petugas bandara malah membiarkannya karena mengetahui akan diberi uang pungli.Pengendara yang berhenti tidak pada tempatnya membuat arus kendaraan tersendat.

Padahal petunjuk pemberhentikan kendaraan pribadi untuk antar jemput di Terminal 3 Bandara Soetta tergolong sangat baik. Bahkan sesaat setelah pesawat landing, pramugari/a selalu mengumumkan bagaimana harus keluar dari bandara dan di mana mengunggu kendaraan, baik jika menggunakan taxi, bus ataupun kendaraan pribadi. (IJ)