Virus Zika Serang Malaysia

Virus Zika Serang Malaysia

Penumpang pesawat berjalan melewati kamera sistem pemindai demam untuk mendeteksi suhu tubuh manusia yang baru datang dari Singapura ke Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 30 Agustus 2016. (REUTERS/Beawiharta)

SHNet, KUALA LUMPUR – Malaysia terjangkit virus Zika. Orang pertama yang dinyatakan positif terkena Zika adalah seorang wanita berusia 58 tahun.

Wanita Malaysia itu bertandang ke Singapura pada akhir Agustus lalu untuk mengunjungi anaknya yang ternyata telah dipastikan terkena virus Zika.

Menurut pernyataan resmi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Malaysia, saat kembali ke Malaysia, wanita tersebut merasa tidak enak badan dan pihak rumah sakit langsung mendiagnosanya terkena Zika berdasarkan hasil tes urin.

Kendati demikian, hasil tes darah untuk menyempurnakan diagnosa tersebut belum keluar. “Sumber penularan diduga terjadi di Singapura,” demikian isi pernyataan tersebut.

Kementerian Kesehatan Malaysia juga meningkatkan pengawasan di titik-titik perbatasan dan memperluas penyebaran nyamuk ke seluruh bagian negaranya, dengan cara pengasapan menggunakan pestisida.

Pemerintah Malaysia juga menghimbau warganya untuk melakukan berbagai hal yang bisa mengurangi perkembangan jentik nyampuk dan segera mencari pertolongan kesehatan jika mengalami gejala tertentu. (Bangkok Post)