Kalbar Siapkan Lahan Transmigrasi

Kalbar Siapkan Lahan Transmigrasi

Ist

SHNet, PONTIANAK – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, menyiapkan wilayah Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang, sebagai wilayah transmigrasi dengan sejumlah catatan yang mesti dipenuhi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Barat, Ahi, Selasa (2/8), mengatakan, catatan paling penting, benahi terlebih dahulu perekonomian masyarakat di wilayah transmigrasi.

“Banyak areal transmigrasi ditinggalkan penghuninya di Provinsi Kalimantan Barat, karena infrastruktur kurang mendukung. Jalan dan pasar tidak disiapkan dengan baik,” kata Ahi.

Baca juga:

Ahi mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, memahami aspirasi yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat, tentang penolakan program transmigrasi.

Saat bersamaan, Provinsi Kalimantan Barat bagian tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga setiap warga negara berhak tinggal di mana saja.

Karena itu, di samping pembenahan infrastruktur dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah transmigrasi, wajib pula dijabarkan program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat secara keseluruhan. (Aju)