“Mojang Jajaka” Ajak Kaum Muda Cinta Budaya

“Mojang Jajaka” Ajak Kaum Muda Cinta Budaya

Ketua Panitia Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Bogor 2016, Septian Awaludin. [SHNet/Ist].

SHNet, Jakarta – Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Bogor kembali digelar. Selain bertujuan menjaring kandidat Duta Pariwisata Kota Bogor, ajang ini juga menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan kreativitas dan pemahaman generasi muda terhadap kebudayaan Kota Bogor. Ketua Panitia, Septian Awaludin mengatakan hal ini kepada SHNet, Senin (1/8) pagi ini.

“Penyelenggaraan Pasanggiri Mojang Jajaka ini untuk pengembangan kemampuan intelektual, kreativitas, dan pemahaman generasi muda terhadap kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif Kota Bogor,” ujarnya.

Septian menjelaskan, kegiatan ini memiliki misi melestarikan ciri khas daerah, berupa kegiatan pengembangan seni dan budaya Sunda. Menurutnya, selain bermanfaat untuk membangkitkan industri pariwisata, ajang ini menurutnya juga sangat penting untuk melestarikan dan memajukan budaya Sunda di Kota Bogor.

“Melalui ajang ini, kaum muda sekaligus juga dapat berperan langsung dalam kegiatan pengembangan industri yang kreatif dan inovatif, khususnya di Kota Bogor,” tambahnya.

Mengenal Kota Sendiri
Septian yang pada tahun sebelumnya pernah menjadi peserta ajang ini mengatakan, ada kesan khusus saat dirinya tergabung dalam Paguyuban Mojang Jajaka Kota Bogor. Setelah mengikuti ajang Mojang Jajaka, ia menuturkan, dirinya lebih banyak mengenal Kota Bogor dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya.

“Saya jadi lebih banyak belajar dan mengenal kota saya sendiri, mulai dari pariwisatanya, kebudayaannya, serta ekonomi kreatif yang saat ini banyak berkembang di Kota Bogor,” tuturnya.

Selain itu, menurut Septian, hal positif yang ia rasakan selama bergabung dengan Paguyuban Mojang Jajaka, adalah kekompakan dari para anggotanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya berfoto bersama panitia penyelenggara dan pemenang Mojang Jajaka Kota Bogor 2015 [SHNet/Ist].
Wali Kota Bogor Bima Arya berfoto bersama panitia penyelenggara dan pemenang Mojang Jajaka Kota Bogor 2015 [SHNet/Ist].
“Mojang Jajaka angkatan 1989 sampai sekarang tidak putus komunikasi sehingga banyak sekali dukungan untuk sama-sama memajukan aspek-aspek yang ada di Kota Bogor,” tuturnya.

Ia berharap peserta Pasanggiri tahun 2016 ini juga dapat berperan aktif memajukan Kota Bogor khususnya dalam bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekononi kreatif. Dengan demikian, menurutnya, masyarakat kelak dapat bercermin kepada para Mojang Jajaka untuk ikut mencintai kebudayaan Kota Bogor.

“Mari mulai dari diri sendiri. Mari mencintai budaya dan pariwisata Bogor, dan merangkul lingkungan sekitar untuk ikut melestarikan dan memajukan budaya Sunda,” pungkasnya.

Baca juga:

Yuk, Daftar Mojang Jajaka Bogor 2016!