Kecoak Ternyata Menghasilkan Susu dan Didaulat Menjadi Superfood!

Kecoak Ternyata Menghasilkan Susu dan Didaulat Menjadi Superfood!

Kecoak ternyata menghasilkan kristal protein yang kualitasnya 4 kali lebih tinggi daripada susu sapi. (Ist)

SHNet, JAKARTA – Please jangan muntah mendengar kabar ini: susu kecoak bakal jadi superfood selanjutnya!

Lupakan kale, quinoa, coklat, acai berries, chia seeds, dan minyak kelapa karena kecoak bakal jadi bumbu rahasia bagi kafe-kafe ternama dalam waktu dekat.

Menurut sekelompok peneliti yang menetap di India, susu kecoak empat kali lebih bergizi daripada susu sapi dan memiliki protein unik di dalamnya.

Susu ini diproduksi oleh kecoak kumbang Pasifik, satu-satunya jenis spesies yang melahirkan untuk tetap hidup muda.

Kecoak itu mensekresi suatu jenis susu yang mengandung kristal protein untuk memberi makan embrionya sebelum mereka lahir.

“Kristal itu seperti makanan yang sempurna, mereka memiliki protein, lemak, dan gula. Jika anda melihat ke dalam rangkaian protein, mereka memiliki semua asam amino esensial,” kata penulis penelitian ini, Sanchari Banerjee, kepada media setempat Times of India.

Protein kecoak ini juga memiliki manfaat lainnya, seperti fakta bahwa dia dapat melepaskan energi perlahan-lahan dalam waktu yang cukup panjang.

Para peneliti yang menemukan “keajaiban” ini bekerja di Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine, dan mereka percaya bahwa susu kecoak ini bisa digunakan sebagai suplemen protein di masa depan.

Namun, daripada meminum langsung ke kecoak, yang terbukti kurang efektif, para peneliti sedang mencari cara untuk memproduksi kristal protein di laboratorium mereka.

Ini bukanlah kali pertama para peneliti menganjurkan mengkonsumsi serangga lainnya.

Tahun lalu, peneliti dari Universitas Oxford, Inggris, menemukan bahwa mengkonsumsi serangga seperti kecoak memberikan protein lebih tinggi dibandingkan dengan mengkonsumsi daging mereka dengan jumlah yang sama. (Daily Mail Femail)