BI NTT Siapkan Rp 2,2 Triliun untuk Lebaran

BI NTT Siapkan Rp 2,2 Triliun untuk Lebaran

Ist

SHNet, KUPANG – Menghadapi sejumlah momen di bulan Juli 2016 mendatang, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan dana sebesar Rp 2,2 triliun.

Dana sebesar itu disediakan untuk menjawab kebutuhan uang kartal jelang dan saat lebaran, juga untuk kebutuhan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) dan dana desa.

Kepala BI Perwakilan NTT, Naek Tigor Sinaga, menjelaskan kebutuhan uang kartal di masyarakat sekitar Rp 1,2 triliun, tetapi BI siapkan saldo Rp 1,4 trilun, dan sisanya didatangkan dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga:

“Dana sebesar itu sudah melalui berbagai pertimbangan sehingga diyakini memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai selama lebaran. Sesuai data historis, uang keluar saat lebaran di NTT terus meningkat setiap tahun,” kata Naek, Kamis (26/5).

Pada 2013, uang keluar berjumlah Rp 616 miliar, meningkat menjadi Rp 900 miliar dan naik lagi menjadi Rp 961 miliar pada 2015.

Selain itu, BI juga membuka loket penukaran pecahan kecil melalui kas keliling yang berlangsung selama satu bulan mulai 6 Juni-1 Juli. Kas keliling akan digelar di Flores mulai Kabupaten Flores Timur sampai Manggarai Barat dan kabupaten di Pulau Timor dengan total modal Rp2 miliar.

Kas keliling juga digelar di Kota Kupang mulai Senin pekan depan di seluruh pasar tradisional di lima pasar tradisional dengan modal sebesar Rp350 juta. “Uang jeleknya akan kita tarik dan diganti dengan uang baik,” ujarnya. (Dis Amalo)