Ayoo ke Kripton, Papua

Ayoo ke Kripton, Papua

SHNet, KAIMANA – Anda mungkin sudah sering dengar dan telah sampai ke Raja Empat, Papua. Raja Empat dengan gugus pulau kecil-kecil saling berdekatan. Banyak penyelam menjadikan Raja Empat sebagai tujuan favorit wisatanya. Keindahan bawah lautnya luar biasa.

Kalau Perairan Kripton apakah Anda sudah pernah menjangkaunya? Kripton dan Raja Empat sama-sama berada di Papua Barat. Keindahan Kripton tak kalah dengan Raja Empat.

Sudah banyak pengunjung sampai ke Raja Empat, namun tidak demikian halnya dengan Kripton. Masih tersembunyi. Kekhasan Kripton tidak hanya airnya yang jernih, terumbu karang yang menawan. Di bagian tertentu air di Kriptin berwarna hijau. Ingat hijau, bukan biru!DSC_0654

Ya, hutan pinggir pantai Kripton belum ada yang menjamah. Masih sangat hijau. Praktis Perairan Kripton hanya dilintasi oleh orang yang hendak ke Lobo. “Tapi, kami melintas hanya dua kali sebulan. Selebihnya hanya turis yang ke sini,” kata Kornelis, pengemudi speedboat yang saya tumpangi beberapa hari lalu.

Bagimana Anda bisa sampai ke Kripton? Anda mencari penerbangan menuju Kaimana, Papua Barat. Kaimana dikenal sebagai Kota Senja. Anda bisa menikmati senja dari berbagai sudut di Kota Kaimana. Senja Indah Kaimana sudah melambung jauh ke mana-mana.

Selanjutnya, menuju pelabuhan untuk menyewa speedboat. Sewa speedboat menuju Kripton rata-rata Rp 8-9 juta untuk pergi-pulang dan makan serta minum. Di Pelabuhan Kaimana terdapat banyak speedboat yang bisa Anda sewakan.

Perjalanan menuju Kripton memakan waktu dua jam dengan kecepatan tinggi. Tapi, jangan takut, lautnya ramah. Dengan biaya perjalanan sebesar itu, Anda tentu berpikir, wah mahal! Karena itu, bepergian ke Kripton secara berkelompok tentu lebih baik. Anda bisa share sewa speedboat yang umumnya berkapasitas enam-delapan orang.

Namun, jika Anda ingin menikmati lokasi yang memukau seperti Kripton, dana yang dikeluarkan tidak akan sia-sia. Ayoo ke Kripton, Papua! (IJ)