Ahok Tak Berkutik di Plaza Semanggi

Ahok Tak Berkutik di Plaza Semanggi

SHNet, JAKARTA – Kemacetan di Jakarta belum bisa tertangani, sekalipun Pemda DKI Jakarta terus membenahi kualitas angkutan umum. Banyaknya tempat parkir liar di pinggir jalan, kendaraan memutar arah bukan pada tempat yang benar, menambah tingkat kerumitan kemacetan.

Salah satu ruas jalan yang selalu macet adalah Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut memang sangat tinggi karena merupakan salah satu jalan protokol yang membelah Kota Jakarta.

Lihat juga: Inilah Rasanya Naik Bis Transjakarta Depok-Jakarta

Titik kemacetan di jalan tersebut salah satunya adalah di depan Plaza Semanggi. “Keistimewaan” akses masuk Plaza Semanggi, dari arah utara ke selatan Jalan Gatot Subroto, tidak saja menghambat laju kendaraan di jalan tersebut, tetapi juga dari arah Jalan Jenderal Sudirman yang hendak menuju Kuningan dan Pancoran, Jakarta Selatan.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebenarnya sudah memasang tembok pembatas agar laju kendaraan dari Jalan Jenderal Sudirman tidak terganggu dengan laju kendaraan dari Jalan Gatot Subroto. Namun, ada sebagian pembatas jalan tersebut yang dibuka dan dikawal oleh petugas satuan pengaman (satpam). Keberadaan “akses istimewa” ini memperparah kemacetan di Jalan Gatot Subroto, terutama sore hari saat jam warga DKI Jakarta pulang kerja.

Apakah keberadaan “akses istimewa” ini sah? Jika tidak sah, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok boleh saja menggusur berbagai lokasi hunian liar belakangan ini. Namun, Ahok tak berdaya menutup “akses istimewa” masuk Plaza Semanggi untuk atasi kemcetan. (IJ)