Gempa Goyang Jepang, Banyak Warga Masih Terperangkap dalam Reruntuhan

Gempa Goyang Jepang, Banyak Warga Masih Terperangkap dalam Reruntuhan

SHNet, Jakarta – Gempa berkekuatan besar mengguncang Jepang bagian selatan kurang lebih satu jam yang lalu, Kamis (14/4). Gempa yang diperkirakan sebesar 6,4 skala Ritcher ini telah menyebabkan korban jiwa dan meruntuhkan sejumlah bangunan.

Dilansir dari The Guardian, Badan Metereologi Jepang, gempa terjadi pukul 9.26 malam dan berpusat di 11,26 kilometer sebelah timur Mashiki, Prefektur Kumamoto.

Laporan awal memang menyebutkan kekuatan gempa mencapai 6,4 skala Ritcher, belakangan diturunkan menjadi 6,2 skala Ritcher oleh Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat.

Kantor Berita Jepang Kyodo melaporkan paling tidak ada 40 orang yang dilarikan ke rumah sakit di kota Kumamoto. Seorang perempuan dikabarkan dalam kondisi kritis.

Masih ada banyak korban yang terjebak di dalam reruntuhan bangunan. Diperkirakan ada 20 rumah yang runtuh berdasarkan laporan kantor televisi NHK.

Kebakaran juga timbul di Mashiki yang berpopulasi sekitar 34.000 orang dan televisi lokal menyiarkan rekaman pemadam kebakaran memadamkan api di sebuah gedung.

Pejabat setempat menyebutkan tak ada bahaya Tsunami dan mengkonfirmasi fasilitas nuklir di wilayahnya tidak terpengaruh goncangan gempa itu. (The Independent)