Yuk…Nikmati Teater Kera Sakti

Yuk…Nikmati Teater Kera Sakti

SHNet, Yogyakarta –  Kisah Kera Sakti Goku,sebuah dongeng legenda Tiongkok bakal bisa dinikmati di 4 kota, yakni Jakarta, Yogyakarta, Magelang dan Genoa – Bali. Cerita ini akan dibawakan Ryuzanji Company Tokyo – sebuah kelompok teater dari Jepang, yang berdiri 1984.

Di Jakarta Kera Sakti akan dipentaskan pada 11 dan 12 Maret di teater Salihara. Di Yogya pada 16 Maret, Magelang tanggal 19 Maret dan di Bali – Genoa pada 23 Maret.

Menurut Kusworo Bayu AJi dari Ars Management, Ryuzanji Company sengaja dihadirkan di Indonesia untuk lebih mengukuhkan hubungan kerjasama di wilayah seni budaya yang sudah lama berlangsung antara Jepang dan Indonesia. “Antara Indonesia dan Jepang sama-sama memiliki kekayaan seni budaya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima redaksi SHNet, Sabtu (5/3).

kera sakti 1Selain itu, Ryuzanji Company adalah lembaga ternama di Jepang dan banyak mendapat penghargaan. Hingga kini ada sekitar 150 karya yang dihasilkan dan dipentaskan di beberapa negara seperti di Amerika (New York) atau Canada.

Kusworo menambahkan, pementasan Kera Sakti  dimotori Show Ryuzanji sang pendiri Ryuzanji Company, yang merangkap sebagai direktur artistik, sutradara, aktor, dan sekaligus produser. Selain itu, juga ada  Tengai AMANO sang penulis naskah dan sutradara. Keduanya dikenal sebagai tokoh teater kawakan dari Jepang yang karya-karyanya banyak mendapatkan penghargaan tingkat internasional.

”Kera Sakti ini, menjadi karya terbaru dari Ryuzanji Company, yang dibuat berdasarkan cerita dongeng dari China dengan diberi sentuhan budaya Jepang,” ujar Kusworo.

kera sakti 2Pertunjukan seni drama panggung tentang Kera Sakti ini mengangkat sepenggal kisah perjalanan Goku yang dikutuk menjadi batu dan terbuang di bumi. Dalam perjalanan mencari kitab suci, ia ditemani tiga temannya. Sepanjang perjalananya, Goku dan teman-temannya mendapat banyak hambatan.

Mereka sempat digagalkan oleh api yang mengamuk. Goku dan pasukanya harus berjuang mendapatkan kipas lipat yang dapat digunakan untuk memadamkan api.(Yuyuk Sugarman)

NO COMMENTS