Korsel Tuan Rumah Konferensi DPI/NGO

Korsel Tuan Rumah Konferensi DPI/NGO

공식홈페이지_공지사항

SHNet, JAKARTA – Korea Selatan (Kosel) akan menjadi tuan rumah Konferensi Departemen Informasi Publik/Organisasi Non-Pemerintah 2016. Konferensi tersebut akan berlangsung di Gyeongju, 30 Mei—1 Juni 2016.

Penunjukkan Korsel dilakukan oleh Departemen Informasi Publik PBB setelah negara tersebut mengkonfirmasikan keinginannya menjadi tuan rumah Konferensi Departemen Informasi Publik (DPI)/Organisasi Non-Pemerintah (NGO) ke-66 tersebut.

Konferensi diadakan melalui kerja sama dengan Komite Eksekutif DPI/NGO, komunitas NGO, Pemerintah Korea Selatan, dan Komite Penyelenggara Nasional Korea Selatan. Tema yang diangkat adalah “Pendidikan bagi Kewarganegaraan Dunia: Bersama-Sama Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Inilah pertama kalinya Konferensi DPI/NGO diadakan di Asia.

Baca juga: Deklarasi Sunnylands: Pertaruhan Komitmen Penegakan HAM di ASEAN

Konferensi tersebut memberi peluang unik bagi NGO yang ikut serta untuk berdiskusi dengan masyarakat madani, diplomat, pejabat PBB, ahli kebijakan, ilmuwan, edukator, pebisnis, serikat pekerja, anggota parlemen, otoritas daerah, dan pihak lainnya dari seluruh dunia, mengenai masalah penting yang relevan di tahun bersangkutan. Konferensi 2016 difokuskan untuk menciptakan dan memperkuat kemitraan global, guna mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) yang baru saja diadopsi beberapa waktu lalu.

Baca juga: LSM Tolak Blokir Situs Komunitas LGBT

Dua Ketua Konferensi telah diidentifikasi melalui proses nominasi online global, yakni Scott Carlin, seorang dosen Tata Geografi di Long Island University dan Yukang Choi, CEO NGO Korea Selatan yang bernama Dream Touch for All. Keduanya akan berbagi tanggung jawab membimbing proses perencanaan konferensi dan konsultasi multi-pemangku kepentingan mengenai dokumen hasil konferensi. (http://outreach.un.org/ngorelations/conference-2016/)