Himasylva dan CCAI Peringati Hari Air Sedunia

Himasylva dan CCAI Peringati Hari Air Sedunia

Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Provinsi Lampung, Ir. Sutono hadir menyemangati para penggiat lingkungan dalam kegiatan rehabilitasi Mangrove di Pulau Maitem, Sabtu (26/3). [SHNet/Ist]

SHNet, Jakarta – Himpunan Mahasiswa Kehutanan (Himasylva) Universtitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) menanam mangrove di Pulau Maitem, Sabtu (26/3). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) yang jatuh pada Selasa (22/3) lalu.

West Indonesia Regional Manager, Public Affairs and Communications (PAC) CCAI Yayan Sopian menyampaikan hal ini kepada SHNet, beberapa saat setelah berlangsungnya acara Peringatan Hari Air Sedunia tersebut.

“Kegiatan peringatan Hari Air Sedunia, kami mulai dari penanaman mangrove, bersih pesisir dan fun walk mengelilingi walk track Pulau Maitem seluas 36 hektare,” kata Yayan.

Menurutnya, selain bekerja sama dengan Himasylva, acara penanaman mangrove di Teluk Lampung tersebut juga dilakukan bekerja sama dengan sejumlah organisasi lainnya. Organisasi yang terlibat dalam kegiatan ini menurut Yayan, antara lain adalah Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia (Persaki) Lampung, Pusat Penelitian Pesisir dan Kelautan Unila, Lampung Underwater Community, CSR Forum Lampung, dan Forum Pendidik Sukanegara, serta warga pesisir di Ketapang yang merupakan binaan organisasi Mitra Bentala.

Yayan mengatakan, tema kegiatan Peringatan Hari Air Sedunia tahun ini selaras dengan yang diusung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). PBB dalam situs resminya menyebutkan bahwa Peringatan Hari Air Sedunia tahun ini mengusung tema “Water and Jobs”.

“Tema ini menunjukkan betapa pentingnya kuantitas dan kualitas air yang cukup akan dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian pekerja, masyarakat, ekonomi, dan negara,” kata Yayan.

Ia mengatakan, Peringatan Hari Air Sedunia juga diikuti oleh jajaran pimpinan CCAI di Southern Sumatera Operation. Terkait acara tersebut, menurut Yayan, Head of Corporate Communications-Public Affairs and Communications (PAC) CCAI Kristy Nelwan juga menyampaikan sambutannya. Menurut Kristy melalui keterangan persnya, kegiatan Peringatan Hari Air Sedunia penting untuk membangun kesadaran dan keterikatan dalam setiap tim di CCAI, akan pentingnya pemanfaatan air secara bijak.

“Air bagi kami adalah bahan baku sebagai sumber penghidupan, yang membuat kami bisa terus berkarya menghasilkan produk dengan kualitas baik,” kata Yayan mengutip Kristy.

Ia mengatakan, CCAI berkomitmen melakukan pengawasan ketat agar manfaat kesegaran produknya bisa dinikmati oleh setiap konsumen di seluruh pelosok negeri. Untuk tujuan tersebut, menurut Yayan, perusahaannya juga berupaya lebih bijak dalam mengelola air di lingkungan tempat beroperasi.

“Tujuannya, agar kami mampu mewujudkan keberlanjutan,” kata Yayan.

Ia mengatakan, kegiatan peringatan Hari Air Sedunia di Pulau Maitem ditutup dengan diskusi terbuka mengenai pentingnya air bagi setiap sendi kehidupan. Menurutnya, kegiatan Peringatan Hari Air Sedunia tersebut, sekaligus untuk mengajak semua pihak agar mampu mengatur penggunaan air bersih secara bijak, untuk masa depan, tanpa harus berhenti  berkarya.