Bom Waktu Kondisi Penjara Indonesia

Bom Waktu Kondisi Penjara Indonesia

Ilustrasi (www.thejournal.ie)

Logo ICJRKerusuhan di lapas Malabero di Bengkulu pada Jumat, 25 Maret 2016 merupakan kerusuhan berseri di Lapas Indonesia. Sebelumnya, kerusuhan Lapas juga terjadi di Lapas Kerobokan, Denpasardi akhir tahun 2015.

Institute Criminal Justice Reform (ICJR) prihatin kejadian berulang di lapas Indonesia. ICJR melihat, masalah di lapas maupun rutan Indonesia, sudah berada dalam situasi yang mengkhawatirkan.

Overkapasitas di sebagian besar Lapas Indonesia sudah dalam kondisi akut. Sayangnya, hingga kini tidak ada solusi pemerintah yang komprehensif atas hal tersebut. Selama ini, pembenahan dilakukan secara tambal sulam.

Berdasarkan hasil monitoring ICJR, populasi penghuni penjara meledak dua kali lipat dari 71.500 menjadi 144.000 pada 2004 hingga 2011. Padahal, kapasitas penjara hanya bertambah kurang dari 2%. Pada Juli 2015, menurut Sistem Database Pemasyarakatan (SDB) yang dikelola Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), ada sejumlah 178.063 penghuni yang tersebar di 477Lapas/Rutan.

34% dari jumlah tersebut adalah tahanan pra-persidangan. Kepadatan penghuni lapas/rutan secara nasional sudah berkisar di angka 145%. Namun, pada banyak penjara besar, jumlah penghuni bisa mencapai angka 662% dari kapasitas yang tersedia

Rasio jumlah petugas jaga terhadap penghuni sangat rendah sekali. Ini menyebabkan pengelolaan lapas/rutan menghadapi tantangan yang cukup serius dalam bentuk meningkatnya tingkat kekerasan (atau ancamannya), tindakan kriminal,termasuk pembentukan kelompok/gank diantara penghuni. Oleh karena itu, situasi kerentanan keamanan lapas gampang disulut kerusuhan.

Hal ini di perparah pula dengan kondisi kebijakan kriminal Indonesia yang secara aktif mendorong penghukuman penjara sebaga satu-satunya jalan bagi rehabiltasi pelaku.

Atas situasi ini ICJR mendorong pemerintah melakukan evaluasi yang serius atas kebijakan pemidanaan di Indonesia, khususnya mengantisipasi overkapasitas di lapas.

Sumber : Institute Criminal Justice Reform (ICJR)