Bocah 10 Tahun ini Menciptakan Permen Paskah Gedung Putih

Bocah 10 Tahun ini Menciptakan Permen Paskah Gedung Putih

Alina dan permen Zollipops (Foto: Zollipops)

SHNet, Jakarta – Hanya ada satu jenis permen yang disediakan pada White House Easter Egg Roll tahun ini dan diciptakan oleh anak berusia 7 tahun.

Permen itu bernama zollipops. Penemunya, Alina Morse, kini 10 tahun, memiliki ide menciptakan sebuah lolipop yang sebenarnya bagus untuk gigi tiga tahun lalu. “Aku suka permen tapi aku selalu tahu bahwa itu buruk untuk gigiku, jadi itulah alasan mengapa aku menciptakan zollipops,” kata Alina, murid kelas 5 dari Wolverine Lake, Michigan, kepada PEOPLE.

Seperti yang diketahui penemu yang baik mana pun, konsep hanyalah sebuah permulaan. Jadi, dengan bantuan ayahnya, Tom, Alina memulai fase riset untuk mengembangkan produknya.

“Aku meriset apa yang pernah dilakukan sebelum melihat apakah kami bisa membuatnya lebih baik atau menciptakan sesuatu yang benar-benar baru,” Alina menjelaskan. “Dan aku berbicara dengan dokter gigiku untuk menemukan bahan-bahan pembuat permen yang bagus.

Bahan-bahan yang ia gunakan (xylitol dan erythritol) membantu mengurangi risiko pembusukan gigi dan menetralkan asam yang ditemukan di dalam mulut setelah makan. Begitu Alina menghasilkan bagian pertama produknya, ia mengujinya dengan juri paling berat: anak-anak lain.

“Aku minta teman-temanku mencicipi produk pertama dan banyak lagi setelah itu karena anak-anak adalah konsumer utama,” katanya.

Setelah menemukan formula yang sempurna, Alina menginvestasikan uang US$7.500, pemberian kakek-kakeknya yang selama ini ditabung untuk memlai perusahaan bernama “Zollipops” pada 2014. Bisnis ini kemudian berkembang pesat sejak itu.

“Bisnis kami saat ini berjalan sangat bagus,” katanya. “Penjualan perusahaan kami naik 378 persen dari tahun ke tahun dan kami berharap bisa meningkat tiga kali lipat tahun ini.”

Alina (kanan) bersama adiknya, Lola (kiri). (Foto: Zollipops
Alina (kanan) bersama adiknya, Lola (kiri). (Foto: Zollipops)

Bisnisnya begitu lancar sehingga Alina berkomitmen untuk menyisihkan 10 persen keuntungan perusahaan untuk memberikan pendidikan kesehatan gigi ke sekolah-sekolah. Meski sibuk, ia tetap bisa membagi waktunya antara bisnis dan menjadi anak normal. Untuk itu ia membagi waktu setelah sekolah menjadi tiga.

“Kadang-kadang sedikit sulit tapi saya menghabiskan sepertiga waktu saya bermain dengan adik saya dan kelas menari, sepertiga untuk mengerjakan PR dan seperti terakhir untuk bisnis,” ia menjelaskan.

Tahun lalu, Zollidrops – dan penciptanya– diundang ke ajang White House Easter Egg Roll oleh Ibu Negara Michelle Obama dan tahun ini mereka kembali sebagai satu-satunay permen yang disediakan di ajang itu.

“Diundang tahun lalu adlaah penghormatan yang luar biasa dan bahkan lebih mengagumkan lagi diundang kembali tahun ini,” kata Alina. “Saya paling senang bertemu banyak oran gdan melihat anak-anak menikmati Zollipops.” (Ida)