4 Mahasiswi UGM Akan Daki Stok Kangri

4 Mahasiswi UGM Akan Daki Stok Kangri

Gunung Stok Kangri (www.clubtrekocity.com)

SHNet, Yogyakàrtà – Empat mahasiswi pecinta alàm UGM (Mapagama) akan mendaki gunung Stok Kangri yàng mempunyai ketinggian 6153 mdpl di wilayah pegunungan Himalaya, Agustus mendatang, dalam ekspedisi internasional “Peak of The Ancestor”.

Ekspedisi Peak of The Ancestor itu merupàkàn ekspedisi ketiga yàng dilakukan Mapagama. Ekspedisi sebelumnya berlangsung di River of Gold di Nepal dàn di Rock of Pyramid di China padà 2013.

Pendakian akan dilakukan pada 5 – 22 Agustus 2016. Empat mahasiswi UGM yang mendaki adalah Dita Novita Sari (Fakultas Psikologi), Eva Lutviatur Rohmah Ningsih (Fisipol), Chordya Iswanti (Fakultas Pertanian) dan Ria Verentiuli (Fakultas Ilmu Budaya).

Menurut Rizal Fahmi Priyono, Koordinator UGM International Expedition III, ekspedisi ini sengaja dilaksanakan di India, karena sejak dahulu kala sudah terjalin hubungan àntara Indonesià dàn India. Bahkan, agama Hindu dàn Budha jugà mewarnai kebudayaan nusantara.

“India jugà merupàkàn negara garda terdepan mendukung kemerdekaan kita, Indonesià. Ikatan ini membuat hubungan persaudaraan kita dengàn India berbeda dengàn negara làin,” ujar Rizal.

Menurutnya, ekspedisi ini jugà dàlam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71. Dàlam rangka mempersiapkan keberhasilan pendakian yàng akan berlangsung itu 4 mahasiswi UGM didampingi satu official team, yakni Banu Iqra dari Sekolah Vokasi UGM. Mereka terus melakukan latihan yang berfokus pada durabilitas fisik atlet.

“Hampir setiap minggu mereka diturunkan ke palangan dengan medan gunung dan targetan yang berbeda-beda di setiap try out-nya,” kata Rizal. Rizal menambahkan bahwa puncak rangkaian ekspedisi ini akan bermuara pada perayaan 50 tahun MAPAGAMA “Untuk Manusia, Alam, dan Kebudyaan” pada 2023 mendatang. (Yuyuk Sugarman)