Oscar: “Son of Saul” Film Berbahasa Asing Terbaik

Oscar: “Son of Saul” Film Berbahasa Asing Terbaik

Son of Saul (Ist)

SHNet, Jakarta – Drama Holocaust Son of Saul meraih Oscar untuk film Berbahasa Asing Terbaik dalam ajang Academy Awards ke-88 — pemenang Oscar kedua buat Hongaria.

“Bahkan dalam masa-masa tergelap, masih ada suara dalam diri yang memungkinkan kita untuk tetap menjadi manusia,” kata sutradara László Nemes dalam sambutannya. “Itulah harapan dari film ini.”

Son of Saul, ditulis bersama Nemes dan Clara Royer, berlokasi di kamp konsentrasi Auschwitz selama Perang Dunia II. Film ini dibintangi Géza Röhrig sebagai anggota Sonderkomando, kelompok yang membakar tahanan yang mati karena dimasukkan ke ruang gas.

“Terima kasih kepada Academy untuk penghargaan yang luar biasa ini,” kata Nemes di awal pidatonya. “Terima kasih pada Sony Pictures Classics, Tom Bernard, Michael Barker karena telah mendukung kami. Terima kasih pada Hongaria yang telah mendanai film ini. Saya ingin membaginya dengan Geza Rohrig, aktor utama saya, dan para kru dan pemeran yang meyakini proyek ini ketika yang lain tidak mau.”

Son Of Saul mengalahkan Theeb (Yordania), A War (Denmark), Embrace Of The Serpent (Kolombia) dan drama berbahasa Turki produksi Prancis, Mustang.

Film ini diputar perdana, Mei 2015, dalam ajang festival film Cannes dan juga memenangi penghargaan tertinggi. Prestasi lain adalah film berbahasa asing terbaik dalam Golden Globe dan Spirit Award.

NO COMMENTS