George Lucas Tak Terpesona Star Wars Terbaru

George Lucas Tak Terpesona Star Wars Terbaru

Star Wars: The Force Awakens boleh jadi memesona banyak penonton hingga saat ini menuju pemecahan rekor seluruh box office yang ada di planet ini. Tapi tak semua orang senang dengan apa yang dilakukan JJ Abrams dengan film ini. Mungkin sulit diperhatikan bahwa ada sejumlah pengkritik di antara begitu banyak pemuja. Film ini dikritik karena pengembangan karakter yang jelak, dialog-dialog di bawah standar dan plot yang terlalu biasa.

Dan yang baru-baru ini bergabung barisan para pengkritik tiada lain adalah George Lucas, otak di balik trilogi orisinal. Dalalm wawancara yang berdurasi hampir satu jam bersama Charlie Rose, Lucas mengeluhkan fakta bahwa Disney mengabaikan ide-ide skenario miliknya dan alih-alih memilih untuk melangkah ke arah yang berbeda dan lebih ramah-penggemar.

“Mereka membaca cerita-cerita tersebut, dan mengatakan, ‘Kami ingin membuat sesuatu untuk para penggemar’ …. Mereka memutuskan tidak ingin menggunakan cerita-cerita itu, mereka memutuskan akan melakukan cerita mereka sendiri,” kata Lucas. “Mereka tidak terlalu berhasrat untuk melibatkan saya — tapi seandainya saya di sana, saya hanya akan menimbulkan keributan, karena mereka tidak akan melakukan apa yang saya ingin mereka lakukan. Dan saya tidak punya kuasa untuk melakukan itu lagi, dan yang bisa saya lakukan hanyalah mengacaukan segalanya. Jadi, saya katakan, ‘Baiklah, saya akan menjalankan apa yang saya inginkan, dan saya biarkan mereka melakukan apa yang mereka inginkan.’”

Tentu saja, tidak mudah untuk merasa sedih untuk Lucas mengingat bagaiman ia menjual Lucasfilm ke Disney sebesar US$4 miliar.

Mengenai keberatannya terhadap film Star Wars baru, Lucas menggemakan poin yang dimunculkan sejumlah kritikus, yaitu Disney membuat sebuah film yang aman, yang tidak ada risikonya. Akibatnya, Lucas yakin film tersebut tidak berhasil memukau penonton dengan konsep dan lingkungan baru.

“Mereka ingin melakukan sebuah film retro,” kata Lucas. “Saya tidak menyukai itu. Setiap film saya kerjakan dengan sangat keras untuk membuatnya benar-benar berbeda, dengan planet-planet yang berbeda, dengan kapal-kapal luar angkasa yang berbeda, membuat film itu menjadi baru.” (*)