Atasi Sakit Lutut dengan Lengan Robot

Atasi Sakit Lutut dengan Lengan Robot

Sakit di lutut dapat diatasi dengan Makoplasty. (Ist)

SHNet, Jakarta- Rasa sakit di lutut akibat keausan tulang rawan sendi atau osteoarthritis tidak boleh disepelekan. Sebagian orang mengatasi rasa sakit di lutut ini dengan menurunkan berat badan, mengonsumsi obat pereda nyeri, suntik, hingga bedah.

“Cara-cara seperti ini, sifatnya hanya meringankan gejala saja, bukan untuk mengembalikan kondisi tulang rawan seperti semula. Minum obat anti nyeri misalnya, justru efeknya ke ginjal dan lambung,” ujar Orthopaedic Surgeon dan CEO Centre for Orthopaedic dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura Jeffrey Chew dalam diskusi kesehatan Bebas Bergerak dengan Bedah Lutut Robotik, Selasa (26/1)

Menurutnya, saat ada teknologi baru di bidang kedokteran yang dapat mengatasi rasa sakit di lutut yakni dengan menggunakan lengan robot (makoplasty). Dengan makoplasty memungkinkan para ahli bedah melakukan pembedahan hanya dibagian lutut yang rusak saja.

Jeffrey menjelaskan, dokter biasanya menyuruh pasien untuk CT Scan terlebih dahulu. Tujuannya, agar dokter mengetahui ukuran bagian lutut yang akan dibedah dengan tepat. Sehingga tulang yang sehat dan jaringan di sekitarnya tak tersentuh.

Kemudian, dilakukan sayatan kecil untuk memasukan alat. Alat tersebut mengikis bagian-bagian tulang rawan di lutut yang mengalami kerusakan. “Makoplasty ini membuat pasien cepat pulih dan segera dapat melakukan aktivitasnya kembali,” ujarnya.

NO COMMENTS